11 Penyebab dan Cara Mengatasi Laptop Lemot dengan Aman

Laptop semakin lama kita pakai tentunya semakin lambat cara kerjanya. Hal ini bisa saja di sebabkan oleh virus atau file sampah yang sudah menumpuk pada laptop tersebut. Untuk itu kali ini Ikoandro.com akan mengulas bagaimana cara mengatasi laptop lemot dengan mudah.

Bagi kamu yang menggunakan laptop untuk bekerja, membuat tugas dan aktifitas lainnya tentunya akan menghambat aktifitas dan semakin lamanya waktu yang terbuang. Sebenarnya tidaklah sulit cara mengatasi laptop lemot ini jika kamu mengetahuinya.

Penyebab dan Cara Mengatasi Laptop Lemot di Windows

Untuk penyebab dan cara mengatasinya sangat banyak, di antaranya banyaknya Virus, banyak file sampah, banyak menginstal aplikasi dan banyak lainnya. Berikut ini kami beritahukan cara mengatasi laptop lemot seperti di bawah ini.

1. Gunakan Antivirus

CPU dan RAM akan bekerja dengan kerasnya jika banyaknya virus yang menumpuk seperti malwere atau firus lainnya, dengan banyaknya virus tentunya laptop tidak bekerja dengan maksimal.

Mengatasi virus tentunya kamu harus menggunakan antivirus yang mampu menghapus virus sampai ke akarnya, tentunya dengan menggunakan aplikasi antivirus yang sudah terpecaya. Aplikasi antivirus yang terpecaya tentunya memiliki performa yang bagus juga.

2. Jangan Menginstal Sofware Bajakan

Hal ini sangat penting jika laptop kamu ingin aman dan tahan lama. Sofware bajakan terkadang banyak terselip virus yang tidak kita ketahui. Banyak sofware di luar sana menyediakan yang gratis akan tetapi keamanannya tidaklah terjamin. Akibatnya bisa jadi laptop kamu akan berjalan dengan sangat lambat.

3. File Sampah di Bersihkan

File sampah itu berasal dari sisa aplikasi yang telah kamu hapus. Aplikasi yang telah di hapus tidak akan terhapus sepenuhnya, dan untuk menghapus file sampah tersebut kamu bisa menggunakan beberapa aplikasi yang tersedia di Laptop atau mengunduhnya.

Sebagian File sampah terjadi akibat cache. Cache itu terjadi jika kamu menggunakan browser dan akan mempercepat loading. Akan tetapi semakin lama maka cache ini akan banyak menumpuk dan akan membuat laptop menjadi lemot. selengkapnya: 3 Tips Cara Membersihkan Sampah di Laptop/Komputer Supaya Tidak Lemot

4. Menghapus Aplikasi/Sofware yang Tidak di Perlukan

Kapasitas memori yang penuh dan banyak menggunakan Program yang terlalu banyak tentunya akan memaksa laptop bekerja dengan keras. Untuk itu kamu harus memasang aplikasi atau sofware seperlunya saja. Agar laptop berjalan dengan lancar.

5. Update Driver

Driver berguna sebagai jembatan untuk perangkat keras yang kamu gunakan dengan komputer. Sebagai contohnya jika kamu memasang VGA. Tentunya kamu harus menggunakan driver VGA. Nah agar kerjanya maksimal maka kamu harus mengupdate driver tersebut secara berkala.

6. Menginstal Ulang Windows

jika cara di atas tidak juga berhasil dan laptop kamu masih berjalan dengan lambat dan lemot maka kamu harus menginstal ulang Windows agar sistem operasinya berjalan dengan baik. Hal ini mungkin di sebabkan oleh virus yang sudah banyak dan susah di hapus. Oleh sebab itu Instal ulang Laptop kamu.

7. Melakukan Perwatan Hardware

jika perlu lakukan perawatan hardware dengan rutin agar kerja laptop berjalan dengan lancar. Jika kamu tidak bisa melakukanya kamu bisa melakukannya dengan pertolongan orangyang sudah ahli dalam membongkar laptop.

8. Menghindari Laptop Panas Berlebihan

Suhu Ruanagan juga di perlukan bagi laptop. Jika suhu di sekitar tinggi tentunya akan mempengaruhi laptop. Apalagi kamu menggunakan laptop dengan waktu yang lama. Jangan sampai laptop suhunya melewati batas normal.

Jika laptop terlalu panas maka kinerjanya akan menjadi lambat dan lemot. Jika tidak laptop yang kamu gunakan tidak menggunakan kipas pendingin kamu harus menambah kipas tambahan untuk laptop yang bisa kamu beli di toko komputer terdekat.

9. Upgrade RAM

pada saat kamu membeli laptop di toko maka RAM yang di tanamkan atau di bekali pada laptop tersebut adalah sebesar 4GB atau hanya 2 GB saja. Bisa jadi karena RAM kecil maka kebutuhan sofware kamu kurang. Jadi upgrade RAM bisa sampai 8GB agar laptop bekerja dengan cepat.

10. Mengganti Penyimpanan HHD ke SSD

Laptop yang menggunakan penyimpanan HHD tentunya dapat menyebabkan laptop menjadi lemot karena dapat menyebabkan pembacaan harddisk yang sangat lambat. Oleh sebab itu ganti penyimpanan laptop kamu dari HHD ke SSD yang memiliki kecepatan read atau write yang lebih cepat dan tinggi.

11. Menggunakan Sistem Operasi Leptop yang Ringan

Jika cara di atas laptop kamu masih lemot maka kamu bisa mengganti sistem operasi yang jauh lebih ringan. Sebagai contohnya kamu bisa menggunakan sistem operasi Linux. Linux memiliki sistem oprasi yang jauh lebih ringan dari pada Windouws.

Itulah beberapa cara mengatasi laptop lemot dengan mudah dan aman. Cara di atas bisa kamu coba di rumah atau dengan bantuan orang yang berpengalaman dibidang laptop. Jika ada pertanyaan dan komentar silahkan tulis di bawah ini. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *