Mengatasi Kinerja Karyawan yang Menurun

Tidak semua karyawan memiliki kinerja yang bagus setiap harinya. Pada waktu tertentu, beberapa karyawan kerap mengalami penurunan kinerja yang membuatnya tidak produktif.Penurunan kinerja karyawan bisa disebabkan oleh beberapa hal, mulai dari pekerjaan kantor yang semakin berat, kurangnya motivasi, hingga terjadi masalah dengan pihak-pihak di kantor.

Saat hal ini terjadi, perusahaan harus mampu menjadi pemberi solusi yang tepat bagi karyawan. Sehingga tidak mengganggu aktivitas perusahaan dalam mencapai tujuan.

Memarahi karyawan atas kinerja yang buruk bukanlah solusi yang tepat. Apalagi memberikan cap “pemalas” bagi karyawan yang memiliki kinerja menurun justru akan membuat karyawan tidak memiliki semangat kerja.

Oleh sebab itu, pihak perusahaan perlu berhati-hati dalam bertindak kepada karyawan. Jangan sampai kinerja karyawan semakin buruk karena salah dalam memperlakukan karyawan. Berikut beberapa yang bisa dilakukan untuk cara mengatasi kinerja karyawan yang menurun.

1. Kenali Penyebab Penurunan Kinerja Karyawan

Langkah pertama yang perlu dilakukan perusahaan adalah mengenali apa penyebab penurunan kinerja karyawan. Bisa saja karena suatu masalah tertentu, karyawan yang biasanya produktif menjadi tidak produktif. Akibatnya, banyak pekerjaan kantor yang tidak diselesaikan dengan baik. Jika hal ini tidak segera diatasi, tentu akan mengganggu keberlangsungan perkembangan karyawan.

Cobalah untuk mengetahui penyebab penurunan kinerja karyawan melalui pendekatan personal. Bicaralah kepada karyawan yang bersangkutan di ruangan tertentu. Tanyakan pada karyawan hambatan yang dialami selama bekerja.

Perusahaan bisa menunjukkan penurunan kinerja karyawan dan menanyakan apa yang membuatnya tidak produktif. Berikan waktu kepada karyawan untuk bercerita dan mengungkapkan alasannya. Sehingga perusahaan dapat memberikan solusi yang tepat.

2. Berikan Semangat dan Solusi

Setelah mengetahui alasan mengapa karyawan mengalami penurunan kinerja, saatnya memberikan solusi dan semangat agar kinerja karyawan kembali meningkat. Tunjukkan kerugian yang disebabkan oleh penurunan kinerja dan manfaat yang akan dirasakan jika karyawan tersebut meningkatkan kinerjanya. Secara tidak langsung, hal ini bisa membuat karyawan lebih bersemangat untuk kembali meningkatkan kinerjanya sehingga merasakan manfaat yang baik.

Berikan motivasi kepada karyawan, tanpa terkesan menggurui. Bicaralah dengan santai, sehingga karyawan lebih nyaman dan lebih mudah menanggap motivasi yang diberikan. Jika karyawan melakukan kesalahan yang fatal, cobalah untuk tidak menghakimi. Namun, berikan pengertian kesalahaan yang telah dilakukan sehingga karyawan bisa menginstrospeksi diri.

3. Tingkatkan Kompetensi Karyawan melalui Software Competency Management

Terakhir, lakukan cara mengatasi kinerja karyawan yang menurun adalah dengan meningkatkan kompetensi karyawan. Bantu karyawan memaksimalkan keterampilan yang ada di dalam dirinya. Dukung karyawan dengan pelatihan atau kursus tertentu sesuai bidang yang diminati sehingga bisa membuat karyawan lebih produktif.

Baca Juga : Competency Management Software System LinovHR berbasis Online

Anda bisa menggunakan software HRD competency management untuk mengetahui kompetensi yang dimiliki karyawan dengan lengkap dan detail. Sehingga perusahaan dapat menerapkan strategi yang tepat untuk mengupgrade keterampilan yang dimiliki karyawan.

Nah, itulah 3 hal yang bisa dilakukan perusahaan untuk mengatasi penurunan kinerja karyawan. LinovHR berkomitmen untuk membantu tim HR dalam meningkatkan kesejahteraan karyawan dan performa kinerja HRD perusahaan. Dapatkan akun trial Software Competency Management LinovHR gratis klik ini https://www.linovhr.com/competency-management-modul/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *