7 Tips Ampuh Cara Merawat Baterai Android Agar Tetap Awet

Dalam memakai android tentunya harus memiliki sumber energi untuk menghidupkannya, dan sumber energi itu berasal dari baterai yang ada di dalam smartphone yang kamu dipakai. Untuk baterai yang kamu pakai tentunya mempunyai jangka waktu. Kali ini ikoandro.com akan membahas cara merawat baterai android agar tetap awet.

Semakin lama baterai pada android kamu tentunya kualitas baterai akan semakin berkurang penyimpanannya. Akan tetapi itu juga tergantung dari kualitas baterai dan bagaimana cara kita memakai sebuah android atau smartphone.

Cara Merawat Baterai Non Removable Smartphone atau Android Agar Awet

Jika sebuah smartphone atau android kamu sudah terisi penuh dan baterainya tidak bertahan lama seperti waktu baru, mungkin baterainya harus di ganti. Oleh sebab itu agar tidak terjadi seperti demikian maka ada cara merawat baterai android agar tetap awet seperti di bawah ini.

1. Hentikan Aplikasi yang Tidak di Gunakan

Agar baterai bertahan dengan lama maka hendaknya kamu menghentikan aplikasi yang tidak di gunakan. Dengan banyaknya aplikasi sekali jalan dan RAM di android kamu akan berjalan secara paksa dan daya baterai akan semakin banyak terkuras dan baterai pun akan cepat panas.

2. Atur Brightness Layar Smartphone

Agar baterai tetap awet selanjutnya adalah dengan cara yang lebih mudah yaitunya dengan mengatur brightness. Dengan mengatur brightness ke yang lebih rendah atau gelap baterai akan lebih awet.

Daya yang paling banyak memakai arus baterai adalah layar smartphone. Jika layar smartphone kamu tinggi atau terang maka arus akan semakin banyak terkuras begitu juga sebaliknya. Sebaiknya aturlah layar handphone kamu sebaik mungkin.

3. Kunci Layar Smartphone

Jika layar smartphone kamu tidak terkunci dan terkadang akan terbuka sendiri bila tersentuh, hal ini tentunya baterai kamu akan terbuang. Jika perlu kuci layar android atau smartphone agar tidak hidup sendiri. Dan jika anda ingin mengubahnya atur di pengaturan.

4. Matikan Bluetoot, WiFi, JPS

Cara merawat baterai smartphone agar tetap awet atau baterai android tahan lama selanjutnya adalah dengan mematikan WiFi, JPS, atau koneksi Blotoot jika tidak di gunakan. Gunakanlahhal tersebut seperlunya saja, dan jika telah selesai matikan koneksinya.

Perlu kamu ketahui dengan hidupnya JPS, WiFI dan sebagainya maupun Bluetoot, koneksi tersebut akan selalu mencari signal sampai dapat. Nah, dalam pencarian tersebut maka baterai akan terkuras dengan cepat karena proses pencarian signal WiFi dan sebagainya akan memakai arus yang cukup besar.

5. Lebih Sering Menggunakan Signal WiFi dari Pada Paket Data

Jika ingin menggunakan koneksi internet alangkah baiknya menggunakan koneksi WiFi saja jika kamu di sekitar kamu ada signal Wifinya. Karena dengan menggunakan koneksi internet dengan WiFi maka akan menghemat baterai android atau smartphone kamu.

6. Jaga Smartphone Dari Suhu Ekstrim

Menjaga Smartphone atau android kamu dari suhu panas akan dapat mengawetkan baterai. Karena jika suhu baterai smartphone kamu terlalu panas dan berlebihan dari suhu biasanya baterai akan cepat rusak dan baterai akan berumur pendek. Jadi jagalah suhu baterai kamu dari suhu ekstrim dan bawa ke suhu yang lebih rendah.

7. Mengisi Baterai Sampai Penuh

Jangan abaikan hal yang spele seperti mengisi baterai ini. Mengisi baterai yang tidak sampai penuh maka akan menyebabkan baterai rusak dan dalam waktu yang panjang meneyebabkan penyimpanan baterai akan semakin berkurang. Oleh sebab itu isilah baterai sampai benar-benar penuh.

Nah, itulah beberapa tips ampuh cara merawat baterai Android agar tetap awet dan tahan lama dari Ikoandro. Semoga apa yang admin tulis dalam artikel ini bermanfaat bagi keta semua. Jangan lupa tulis komentar kamu di kolam komentar di bawah dan jika bermanfaat jangan lupa di share.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *